Monday, December 24, 2012

Perawatan Pranatal

Posted by triebara | 11:23 AM Categories:

Pemeriksaan pranatal Anda yang pertama, biasanya dimulai sekitar minggu ke-12. Mulai saat itu, pemeriksaan terhadap kandungan akan dilakukan rutin setiap bulan hingga minggu ke-28. Pemeriksaan itu meningkat menjadi 2 kali setiap bulan hingga kandungan berumur 36 minggu, dan  meningkat 1 kali seminggu hingga menjelang persalinan. Tentu saja semua ini tergantung riwayat medis Anda sebelumnya. Bila diperlukan, pemeriksaan pranatal dapat lebih sering dilakukan.
PEMERIKSAAN PRANATAL YANG PERTAMA
Ungkapkanlah segala yang Anda ingin ketahui tentang kehamilan Anda. Sebaiknya buat daftar pertanyaan terlebih dahulu, karena mungkin saja dokter Anda sangat sibuk.



PEMERIKSAAN DOKTER

Pada pemeriksaan pertama, Anda akan ditanya mengenai riwayat medis Anda dan keluarga. Ini merupakan saat yang paling tepat bagi Anda dan dokter untuk saling mendiskusikan tempat dan proses persalinan yang ingin Anda lakukan (Lihat: Memilih cara persalinan sudah diketik). Selanjutnya, dokter atau bidan akan melakukan serangkaian pemeriksaan, seperti meraba perut dan dada Anda, mendengarkan bunyi jantung, dan mengukur tinggi Anda. Dalam setiap kunjungan, setiap perkembangan pada diri Anda dan bayi akan dicatat di kartu catatan medis. Bawalah kartu itu setiap kali Anda melakukan kunjungan. Sebaiknya bawa kartu itu kemanapun Anda pergi, karena bisa sewaktu-waktu diperlukan.

KLINIK DI RUMAH SAKIT

Pada saat Anda pertama kali mengunjungi klinik pranatal di rumah sakit, Anda dapat menjadi sedikit kurang nyaman karena banyaknya staf dokter dan suster yang secara bergantian menangani Anda. Bahkan dalam setiap kunjungan, Anda dapat diperiksa oleh dokter yang berbeda. Beberapa wanita mengeluh bahwa hal ini kurang mengenakkan, namun Anda dapat mengatasinya dengan bekerjasama dengan dokter atau bidan klinik.
Saat berada di runag tunggu, sebaiknya Anda berusaha berteman dan mengobrol dengan ibu hamil lainnya atau membaca buku untuk mengisi waktu. Janganlah lupa memeriksa kehamilan secara rutin demi menjamin kesehatan bayi Anda dan keamanan persalinan.

KARTU CATATAN MEDIS

Setiap kali mengunjungi klinik bersalin untuk pemeriksaan, dokter akan mencatat semua hasil pemriksaan dan tes pada kartu catatan medis. Istilah kedokteran sering dipakai dalam kartu ini. Berikut ini adalah beberapa istilah kedokteran untuk membantu Anda memahami apa yang tertulis dalam kartu tersebut.
TD                  = Tekanan Darah
Cx                  = Serviks
Fe                  = Peresapan zat besi
BJJ                  = Bunyi Jantung Janin
BJJ +/-          = Bunyi Jantung Janin terdengar/tidak terdengar
FMF          = Gerak janin teraba
Hb                  = Hemoglobin (pada kadar rendah sangat berbahaya)
HT                  = Hipertensi/tekanan darah tinggi
Long                  = Janin terletak memanjang secara longitudinal/parallel terhadap tulang belakang Anda
MSU          = Urin porsi tengah
Oed                  = Udem/pembengkakan
Para 0          = Wanita yang tidak memiliki anak
Para 1 (contoh)  = Wanita dengan 1 anak
PEB           = Pre-Eklamsia Berat
VT                  = Pemeriksaan dalam vagina
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube