Friday, December 21, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-35

Posted by triebara | 9:31 AM Categories:

CALON IBU

Anda mungkin akan merasa kram dan berat, seakan tubuh Anda tidak memiliki sisa ruang untuk bernapas atau memakan makanan. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan kecil dalam frekuensi sesering mungkin.
Beristirahatlah yang cukup, dan jangan duduk atau berdiri dalam 1 posisi untuk menghindari pembengkakan tumit dan immobilitas. Bila Anda berencana untuk bepergian jauh dengan mobil, Anda harus sebisa mungkin beristirahat dan berjalan keluar. Anda sebaiknya sudah menyiapkan surat cuti kerja, jika Anda belum membuat sebelumnya. Persiapan lainnya adalah membeli beberapa bra menyusui yang sesuai. Hadirilah pula kursus pranatal.

PENIPISAN DAN PELEBARAN

Supaya kepala bayi Anda dapat melalui jalan lahir dari rahim, mulut rahim akan menipis dan melebar. Pada fase laten, kontraksi yang terjadi akan menipiskan mulut rahim. Sedangkan pada fase aktif, kontraksi yang terjadi akan melebarkan mulut rahim tersebut hingga fase transisi (lihat Proses Kelahiran), sehingga lebar mulut rahim mencapai 10 cm (4 inchi), cukup lebar bagi kepala bayi untuk melewati jalan lahir.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 33cm (12 inchi) dan berat badannya sekitar 2550 gram (5 pon 10 ons).

BAYI ANDA


Minggu ini kuku jemari tangan bayi Anda telah tumbuh hingga mencapai tepi jari. Semenjak saat ini hingga lahir nanti, kuku itu akan semakin bertambah panjang. Bayi biasanya telah memiliki bekas cakaran di wajah sejak ia mampu menekuk lengan untuk mencakar dirinya saat masih di dalam rahim. Namun saat ini bayi Anda mungkin akan merasa kram dan terkungkung.
Penumpukan lemak terus berlangsung terutama di sekitar bahu sehingga bayi terlihat montok dan gemuk. Lanugo di tubuh bayi mulai rontok, walaupun masih dapat ditemukan saat bayi lahir. Matanya bisa berwarna kebiruan, walaupun kemudian akan berubah setelah ia lahir.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube