Tuesday, December 25, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-36

Posted by triebara | 7:00 AM Categories:

CALON IBU

Puncak rahim Anda kini telah mencapai titik tertinggi, yakni tepat di bawah processus xyphoideus, atau di bawah tulang dada Anda. Hal ini akan menyebabkan Anda sulit bernapas dan merasakan nyeri menusuk pada iga. Anda mungkin perlu mengunjungi klinik kandungan seminggu sekali. Saat ini seluruh hidup Anda sedang mempersiapkan kelahiran si kecil. Bila Anda merasa sedikit terbebani oleh semua hal tersebut, ingatlah bahwa ini adalah kehamilan Anda dan Andalah yang bertanggung jawab terhadapnya. Anda perlu merencanakan agenda persalinan (lihat: Membuat rencana persalinan) dan memutuskan akan memakai obat penghilang nyeri jenis apa (lihat: Penghilang nyeri persalinan).
BERAT PLASENTA
Berat plasenta saat ini sekitar 480 gram (1 pon).
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 33 cm (13,2 inchi) dan berat badannya sekitar 2750 gram (6 pon).



Hormon kehamilan berefek negatif menimbulkan keserempakan pertumbuhan folikel rambut. Rambut Anda normalnya tumbuh dan rontok dengan kecepatan yang berbeda-beda. Pada masa kehamilan, pertumbuhan dan kerontokan rambut menjadi serempak sehingga banyak rambut yang akan rontok pada waktu yang bersamaan. Hal ini biasanya terjadi sesudah persalinan.

BAYI ANDA

Wajahnya telah makin berisi dan terlihat mulus serta montok dengan ciri khas pipi bayi. Besarnya pipi bayi ditentukan oleh penyimpanan lemak dan kekuatan otot menghisap yang telah dilatih si kecil selama beberapa bulan di dalam rahim. Tulang tengkoraknya cukup kuat namun tidak keras. Tulang ini memiliki kemampuan untuk sedikit elastis saat kepala bayi memasuki jalan lahir. Minggu ini atau minggu depan, bayi Anda siap keluar ke rongga panggul (llihat: Kehamilan: minggu ke 37).
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube