Thursday, December 20, 2012

Pemeriksaan Bayi Baru Lahir

Posted by triebara | 1:31 PM Categories:
Segera setelah tali pusat bayi dipotong dan diikat, ia akan diletakkan di perut Anda atau di dekat dada sehingga Anda dapat menggendong dan melihatnya. Walaupun Anda mungkin lebih suka bila ia segera dibersihkan dan diberi pakaian, namun kontak kulit yang terjadi pertama kali justru akan lebih mendekatkan hubungan antara kalian berdua (lihat ikatan ibu-anak dan masa menyusui). Setelah itu, bayi Anda baru akan diperiksa kesehatannya.
PINGGUL DAN TUNGKAI
Dokter Anda akan menekuk dan memutar-mutar tungkai bayi Anda untuk memastikan bahwa tidak terdapat dislokasi sendi panggul. Jumlah jari tangan dan kakinya juga akan dihitung.


TES APGAR

Adalah serangkaian tes yang dilakukan, sesegera mungkin setelah bayi lahir dan kemudian 5 menit sesudahnya. Pemeriksaan ini dapat dilakukan saat bayi berada di atas perut Anda atau berbaring di atas lengan Anda. Yang diperiksa adalah bunyi jantungnya, pernapasan, tonus otot, warna kulit, dan gerak reflek. Kemudian keseluruhannya diberi nilai dari satu hingga sepuluh. Skor 7 atau lebih merupakan skor normal, sedangkan bila kurang dari 7 maka bayi Anda perlu perawatan intensif bagian perinatologi.
JANTUNG DAN PARU
Jantung dan paru bayi Anda akan diperiksa untuk memastikan kedua organ ini berkembang dengan baik serta berfungsi normal.

PEMERIKSAAN STANDAR

Pemeriksaan ini dilakukan setelah bayi Anda dan suami telah puas menghabiskan waktu bersama bayi Anda. Bidan atau dokter Anda kemudian meraba perut bayi dan tulang belakangnya untuk mendeteksi apakah ada tanda-tanda spina bifida (lihat disini). Alat kelamin luarnya diperiksa apakah terdapat keabnormalan. Yang tidak kalah pentingnya adalah apakah bayi Anda memiliki anus.
Bagian perut bayi Anda akan dipalpasi untuk meraba ukuran dan bentuk organ dalam serta apakah terdapat tonjolan yang merupakan ciri khas dari hernia umbilikalis (penonjolan kantung di sekitar tali pusat). Sebelum Anda dan bayi meninggalkan rumah sakit, dokter anak akan melakukan pemeriksaan lengkap untuk memastikan bahwa bayi Anda dapat menyusu dengan baik, buang air besar secara rutin, dan memiliki kesehatannya yang secara umum cenderung normal.
 KEPALA DAN UBUN-UBUN
Lingkar kepalanya akan diukur dan ubun-ubunnya akan diperiksa. Organ di wajahnya akan diperiksa untuk melihat apakah ada tanda-tanda sumbing bibir dan cacat tubuh lainnya.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube