Friday, December 28, 2012


Jenis kelamin merupakan identitas penting yang menentukan faktor biologis, psikologis dan sosial seseorang. Setiap orang dilahirkan dengan jenis kelamin laki-laki atau perempuan.
(Foto: thinkstock)
Namun ada beberapa orang yang merasa 'terjebak' dengan jenis kelaminnya sendiri, hingga memutuskan untuk berganti kelamin (transeksual). Berikut beberapa orang yang memiliki kisah ganti kelamin paling fenomenal.


1. Jackie Green, transeksual termuda di dunia
Jackie Green (Foto: metro.co.uk)

Jackie Green merupakan transeksual termuda di dunia, karena sudah melakukan operasi kelamin dari laki-laki menjadi perempuan di usia 16 tahun. Pertama kali Jackie ingin operasi ganti kelamin saat usianya 6 tahun. Bahkan ia sudah 5 kali ingin melakukan bunuh diri dengan memotong kelaminnya sendiri.

Namun dokter belum memperbolehkan operasi kelamin pada anak semuda itu. Barulah di hari ulang tahunnya yang ke-16 tahun, ibunya menghadiahkan Jackie operasi ganti kelamin di Thailand.


2. Ruth Rose, transeksual tertua di Inggris
Ruth Rose (Foto: dailymail)
Ruth Rose dilahirkan dengan jenis kelamin lelaki dan dinamakan James Rose. Di usianya yang ke-76, dirinya terkena kanker saluran kencing dan dinyatakan umurnya tidak akan hidup lama lagi. Setelah sembuh, ia bertekad untuk menjalani apa yang ia inginkan, yakni menjadi wanita seutuhnya.

Ia pun menjalani sejumlah perubahan secara perlahan menjadi wanita. Dan tahun depan, Ruth akan menginjak usia ke-80 dan saat itu, ia akan menjalani operasi terakhir untuk menjadi wanita, yakni penggantian kelamin. Ia mengakui secara psikologis, telah mengubah diri menjadi wanita, dan nanti akan dituntaskan dengan perubahan secara fisik.


3. Chen Li dan Jiang, suami istri yang kompak bertukar kelamin
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Pasangan baru menikah di kota Yongzhou, Provinsi Hunan, China merencanakan sesuatu yang agak ganjil bagi orang kebanyakan. Sang suami ingin operasi ganti kelamin menjadi perempuan, sebaliknya sang istri ingin dioperasi agar menjadi laki-laki.

Sang suami, Chen Li (37 tahun) memang memiliki kecenderungan feminin dan sangat perhatian terhadap sesama. Sedangkan istrinya, Jiang Ling sudah merasa lelah menghadapi mertuanya yang pemarah dan memutuskan ingin menjadi laki-laki agar lebih disegani.


4. Ria Cooper, dua kali ganti kelamin
Ria Cooper (dok. sunday mirror)
Ria Cooper (18 tahun) yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki, menjadi berita utama tahun lalu ketika ia menjadi orang Inggris termuda yang melakukan operasi ganti kelamin di usia 17 tahun.

Namun tak sampai 1 tahun menjadi perempuan, ia memutuskan untuk kembali mengubah kelaminnya menjadi laki-laki karena mengaku menderita gangguan mental yang sangat berat sebagai seorang wanita.


5. Thomas Beatie
Thomas Beatie (Foto: getty image)
Beatie mendapat perhatian internasional karena menjadi salah satu laki-laki yang bisa hamil. Ia lahir dan menjalani hidupnya sebagai seorang perempuan hingga berusia pertengahan 20 tahun. Kemudian ia mulai melakukan terapi hormon laki-laki tapi tetap mempertahankan organ seks perempuan.

Kondisi ini membuat ia bisa hamil dan memiliki anak bersama pasangannya dengan menggunakan donor sperma. Saat ini Beatie sudah memiliki 3 orang anak dan mulai melakukan kembali terapi hormon laki-laki.
Source.







0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube