Wednesday, December 26, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-42

Posted by triebara | 9:09 PM Categories:

CALON IBU

Hampir 10% kehamilan berlangsung hingga minggu ini, terutama pada kehamilan anak pertama. Jadi, tak perlu khawatir jika Anda masih mengandung pada minggu ini. Bisa jadi karena perhitungan taksiran tanggal persalinan salah, sedangkan kehamilan Anda tetap berlangsung sesuai rencana. Bicarakanlah dengan dokter Anda mengenai motode induksi persalinan alami maupun buatan (lihat: Induksi persalinan dan Hamil lebih bulan). Anda mungkin akan lebih memilih cara alami dan bukan buatan karena dengan cara memijat putting payudara Anda (akan merangsang pengeluaran oksitosin yang akan menstimulasi kontraksi rahim) atau berjalan-jalan.
MATA BAYI
Bayi Anda yang baru lahir hanya mampu memfokuskan objek dalam rentang 30-45 cm (12-18 inchi). Jadi, saat sedang menggendongnya, hadapkanlah wajahnya ke wajah Anda dalam rentang jarak tersebut.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Saat ini berat badannya semestinya telah kembali seperti saat ia lahir yaitu sekitar 500 mg (1 pon) atau lebih. Panjang tubuhnya dapat bertambah 1,2 cm (0,5 inchi).

BAYI ANDA

Selama 2  minggu pertama, buah hati Anda yang baru lahir mungkin akan terlihat seperti sedang demam. Pernapasannya akan terdengar mendesah dan batuknya mungkin basah atau berlendir. Hal ini disebabkan ia masih berusaha membersihkan cairan amnion pada paru dan sinusnya. Meskipun begitu, Anda dapat menanyakan hal ini pada dokter.
Pangkal tali pusat semestinya telah memendek pada saat ini. Namun Anda harus tetap mengamati pusar si bayi. Bersihkanlah pusarnya setiap hari secara lembut. Sedikit cairan darah terkadang bisa keluar. Hal ini masih dianggap normal, kecuali bila darah yang keluar berlebihan. Tanda lain yang juga menunjukkan adanya infeksi adalah tanda radang, pembengkakan, bau yang tidak sedap, dan keluarnya nanah dari pusar bayi.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube