Monday, December 24, 2012

Penghilang Nyeri Persalinan

Posted by triebara | 10:58 AM Categories:

MEMBANTU DIRI SENDIRI 
Alat TENS ini amat mudah dan efektif untuk digunakan. Beberapa pemasok alat kedokteran terkadang menyewakan alat ini untuk kepentingan persalinan di rumah.


Setiap wanita memiliki ambang batas nyeri yang berbeda-beda, jadi jangan merasa bodoh bila Anda merasa butuh obat penghilang rasa nyeri. Coba tanyakan tentang kebijakan rumah sakit mengenai obat penghilang nyeri. Diskusikan pula pilihan-pilihan yang ada dengan bidan Anda. Anda bisa saja memutuskan tidak ingin meminum obat apapun, namun cobalah untuk bersikap fleksibel karena Anda tidak pernah tahu seperti apa rasanya sebelum proses persalinan dimulai.

TENS

Merupakan singkatan dari Transcutaneus Electrical Nreve Stimulation (Stimulasi Listrik pada Saraf). TENS ini akan menghambat jalur saraf yang akan menghantarkan rasa nyeri pada otak,. Alat ini dioperasikan dengan memakai batere kecil dan dihubungkan melalui kawat ke elektroda yang dapat ditempatkan di punggung Anda. Peganglah alat tersebut, sehingga Anda dapat mengontrol kuantitas stimulasi listrik yang dihantarkan ke tubuh Anda. TENS ini juga meningkatkan produksi endorphin yang merupakan penghilang nyeri alami dalam tubuh Anda.

ENTONOX

Merupakan percampuran antara gas dan udara yang dihirup melalui sungkup setiap terjadi kontraksi. Efeknya adalah mengurangi rasa nyeri dengan cara mematikan rasa pada pusat nyeri di otak. Pengaruhnya baru terasa sekitar 30 menit sesudahnya. Beberapa wanita merasa nausea dan pusing setelah pemakaian entonox ini, namun hal ini tidak akan berpengaruh terhadap bayi.

PETIDIN

Merupakan obat turunan morfin yang akan menghilangkan nyeri dan membantu Anda untuk tetap rileks. Obat ini disuntikkan ke paha atau pantat, dan memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mulai bekerja. Efeknya berlangsung selama sekitar 4 jam dan dapat menyebabkan rasa kantuk atau nausea. Beberapa wanita menyukai obat ini, karena dapat disuntikkan diantara kontraksi sehingga menghemat tenaga mereka.

EPIDURAL

Jenis anestesi (obat bius) yang disuntikkan ini bekerja dengan cara mematirasakan tubuh bagian bawah. Karena mulai saat itu Anda tidak akan merasakan apa-apa, Anda harus mengikuti instruksi dari bidan kapan harus mengejan., setelah anestesi lokal diusapkan, jarum spinal dimasukkan ke dalam ruang diantara tulang belakang untuk memasuki spinal cord. Epidural kemudian diberikan melalui jarum spinal ini. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk melakukannya dan efeknya bertahan hingga 2-4 jam.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube