Sunday, December 16, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-27

Posted by triebara | 8:19 PM Categories:

CALON IBU

Pada kehamilan lanjut, kadar kolesterol akan meningkat. Namun hal ini tidak terlalu jadi masalah. Kolesterol merupakan suatu substansi yang vital bagi beberapa hormone kehamilan yang diproduksi oleh plasenta. Hal ini mencakup progesterone yang penting atinya untuk perkembangan payudara, relaksasi rahim, dan otot polos lainnya.

BAYI PREMATUR

Bayi premature (terlihat di gambar) ini diintubasi melalui selang dari rongga hidungnya untuk mempertahankan suplai oksigen bagi paru-parunya yang belum cukup  matang. Kedua tangannya dibungkus sarung tangan, supaya tidak menggaruk dirinya sendiri.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 24 cm (9,6 inchi) dan berat badannya sekitar 1000 gram (2 pon 3 ons).

BAYI ANDA

Mulai saat ini, bayi Anda telah memiliki kemampuan hidup di dunia luar sebanyak 85% bila ternyata Anda melahirkan prematur.
Meskipun begitu, usia kehamilan And amasih 13 minggu dari masa kehamilan cukup bulan, dan masih jauh dari wujud sempurna. Untuk itu, bila ia dilahirkan pada saat ini, Anda akan menemukan masalah berkaitan dengan perawatannya. Kulit bayi Anda saat ini masih kurang mengandung lapisan lemak sehingga ia sulit mempertahankan kehangatan tubuhnya. Karena itu, ia harus dimasukkan ke dalam inkubator. Kantung udara (alveolus) di dalam paru-parunya juga belum memiliki zat surfaktan; suatu substansi penting yang dibutuhkan untuk membuatnya mengembang sehingga kantung udara masih mengempis. Akibatnya bayi Anda masih belum mampu mengembangkan paru-parunya untuk bernapas dan memerlukan bantuan ventilator. Selain itu, fungsi hatinya juga belum cukup baik, fungsi otak belum berkembang, dan sistem kekebalan tubuhnya masih lemah akibatnya si kecil rentan terhadap infeksi. Hal seperti di atas tidak terjadi pada bayi y ang lahir cukup bulan. Meskipun demikian, betnuk bayi lahir premature kelihatannya hampir sama dengan bayi yang lahir cukup bulan, hanya lebih kurus dan lebih kecil.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube