Wednesday, December 26, 2012

Hamil Lebih Bulan

Posted by triebara | 8:31 PM Categories:
Kehamilan umumnya berlangsung selama 40 minggu, namun sebaiknya persiapan kelahiran bayi dalam rentang 2 minggu diantara tanggal perkiraan persalinan. Hanya sekitar 5% bayi yang lahir sesuai taksiran tanggal persalinan. Sepanjang kesehatan Anda dan kandungan baik, kehamilan dapat dilanjutkan hingga waktu persalinan alami tiba.
MONITOR BUNYI JANTUNG JANIN
Bidan Anda juga dapat mendengarkan bunyi jantung janin untuk mendeteksi keadaan gawat janin.


RESIKO

Bila bayi Anda lebih bulan, ia bisa tumbuh lebih bear dari ruangan di sekelilingnya. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan. Kepala bayi mungkin tidak dapat masuk ke dalam rongga panggul secara tepat dan kurang menekan mulut rahim sehingga mulut rahim tidak menipis dan melebar. Akibatnya, proses persalinanpun berjalan tidak lancar. Plasenta dapat berhenti menyediakan nutrisi bagi bayi setelah jangka waktu tertentu. Bayipun terancam dan persalinan Anda perlu diinduksi (lihat: Induksi persalinan).

INDUKSI PERSALINAN ALAMI

Terkadang tidak ada permasalahan, tapi si kecil hanya belum siap meninggalkan lingkungannya yang hangat dan aman, atau tanggal perkiraan persalinan Anda tidak akurat. Bila dokter dan rumah sakit memiliki kebijakan untuk menginduksi persalinan setelah jangka waktu tertentu, mungkin Anda dapat mecoba dahulu persalinan normal. Usaha yang dapat dilakukan, misalnya dengan aktif merangsang puting payudara atau sesering mungkin berhubungan seksual dengan suami.

MONITOR PERGERAKAN BAYI

Jika kehamilan Anda lebih bulan, sebaiknya Anda juga ikut memonitor kesejahteraan bayi dalam rahim dengan mengevaluasi gerakan menendang bayi. Pihak rumah sakit akan memberikan hasil cetak jadwal pergerakan bayi. Meskipun begitu, Anda juga dapat membuat tabel sendiri. Buatlah kolom nama hari selama 3 minggu berturut-turut pada bagian atas tabel. Bagilah hari menjadi tiap 6 jam (misalnya dari jam 9 pagi hingga 3 sore atau 4 sore hingga 10 malam) untuk menghitung junlah gerakan yang dilakukan bayi. Berikan pula tanda pada jam-jam pergerakan. Bila Anda merasakan 10 gerakan setiap 6 jam, warnailah kotak pada grafik Anda. Bila Anda merasakan adanya perubahan (tidak terjadi 10 gerakan setiap 6 jam lagi) sebaiknya informasikan hal ini pada dokter.
KAPAN HARUS MEMBERITAHU DOKTER ANDA?
Bila Anda merasakan tendangan bayi kurang dari 10 kali selama 6 jam, berilah tanda pada tabel bagian bawah dan beritahu dokter Anda mengenai hal ini.

BAYI LEBIH BULAN

Bayi lebih bulan dalam istilah medis lainnya dikenal dengan post mature. Bayi Anda akan terlihat sedikit berbeda dibandingkan dengan bayi-bayi yang lahir cukup bulan, tergantung pada seberapa lebih bulan bayi tersebut. Bayi Anda mungkin akan memiliki berat badan berlebih, namun sekujur tubuhnya tak lagi diliputi verniks. Hal ini akan menyebabkan kulitnya mengelupas, berkerut, dan bergelambir terutama di bagian perut karena cadangan lemaknya telah terpakai untuk nutrisi. Ia mungkin juga memiliki kuku jari yang sangat panjang dan rambut kepala yang lebat.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube