Monday, December 24, 2012

Membuat Rencana Persalinan

Posted by triebara | 2:01 PM Categories:

KOPI RENCANA PERSALINAN UNTUK DOKTER
Diskusikan rencana persalinan Anda dengan dokter atau bidan setidaknya sebulan sebelum Anda melahirkan. Sebaiknya kopi rencana persalinan sudah mereka dapat sebelum Anda datang ke rumah sakit untuk melahirkan.


Tulislah segala hal yang Anda inginkan dalam persalinan Anda, karena hal ini akan membantu Anda untuk memperhatikan hal-hal penting. Rencana ini juga membantu staf medis bila Anda akan melahirkan di rumah sakit yang memiliki rotasi staf. Rencana persalinan Anda dapat ditulis berupa daftar atau dalam bentuk paragraf yang mencakup segala hal yang Anda inginkan.
DISKUSIKAN DENGAN TEMAN-TEMAN
Saat merencanakan persalinan, diskusikanlah dengan teman-teman Anda yang juga sedang hamil untuk belajar mengenai kemungkinan-kemungkinan persalinan yang dapat dilakukan (lihat: Memilih cara persalinan).



Sebelum menulis daftar tersebut, sebaiknya Anda mendiskusikannya dengan bidan atau dokter mengenai ide persalinan yang Anda pikirkan. Hal ini akan memberikan ide yang jernih bagi Anda; apa-apa saja hal yang dapat dijalankan dan yang tidak. Setelah rencana persalinan tersebut Anda tulis, berilah kopiannya kepada pasangan persalinan Anda dan orang-orang lain yang akan mengikuti persalinan nantinya. Diskusikan hal tersebut dengan mereka pula sehingga mereka dapat membicarakannya pula dengan staf medis saat Anda berhalangan. Sebaiknya bawa rencana tersebut ke rumah sakit nanti sehingga mereka dapat mengkopinya untuk melengkapi rekam medis Anda. Walaupun sebagian besar rumah sakit memiliki kebijakan tertentu mengenai praktik persalinan, namun mereka akan berusaha sebisa mungkin memenuhi keinginan Anda. Yang perlu Anda ingat adalah proses persalinan bisa jadi tidak berjalan seperti yang Anda rencakan, oleh karena itu bersikaplah fleksibel.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube