Wednesday, December 19, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-31

Posted by triebara | 6:31 AM Categories:

CALON IBU

Saat ini keluhan sakit punggung semakin berkurang. Hal ini disebabkan otot ligament yang menyokong beberapa bagian punggung menjadi kendur dan melonggai sebagai persiapan menjelang kekakuan selama proses persalinan nantinya. Pada tubuh Anda bisa juga muncul varises.
Rata-rata kenaikan berat badan wanita hamil pada masa ini sekitar 8,6 kg (19 pon). Hal ini dikarenakan adanya bayi yang semakin membesar, plasenta, cairan amnion, pembesaran payudara dan rahim, peniggian volume darah, lemak, protein, serta penyimpanan air dalam tubuh.

PERKEMBANGAN TELINGA

Dengan menggunakan USG Doppler, akan terlihat jelas telinga janin yang perkembangannya hampir sempurna, baik telinga luar maupun dalam. Pada kenyataannya, bayi Anda telah mampu mendengar dan mengenal beberapa jenis suara, termasuk suara Anda, anggota keluarga lainnya, serta orang yang cukup familiar baginya
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnyay sekitar 28 cm (11,2 inchi) dan berat badannya sekitar 1600 gram (3 pon 8 ons).

BAYI ANDA

Bila bayi Anda lahir premature, kemungkinan hidupnya akan semakin meningkat di minggu ini akibat adanya perkembangan dalam paru-paru. Walaupun di minggu-minggu sebelumnya telah berkembang cabang dari bronkus serta alveolus paru, bagian itu belum mampu mengembang-kempis secara sempurna. Saat ini pada alveolus sudah terdapat selapis sel epitel yang akan mengeluarkan surfaktan yang mencegah alveolus menjadi kolaps, sehingga bayi dapat memasukkan udara ke paru-paru dan bernapas dengan sempurna.
Hampir sekitar 500ml (16 cc) sirkulasi darah Anda akan mengalir menuju kapiler plasenta melalui dinding rahim yang dekat dengan plasenta. Dengan demikian, darah Anda berkontak dengan darah bayi yang dibawa oleh kapiler plasenta tersebut. Walaupun darah Anda tidak pernah tercampur dengan darah bayi karena dipisahkan oleh lapisan pelindung plasenta yang tipis, namun dapat terjadi pertukaran air, zat nutrisi, serta zat-zat sisa yang tidak diperlukan lagi. Kecepatan pertukaran itu sekitar 10 ml (0,3 cc) per detik. Bayi Anda juga akan menyedot air dengan cara menelan cairan amnion nyang kemudian akan diubahnya menjadi urin.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube