Wednesday, December 26, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-41

Posted by triebara | 7:03 AM Categories:

CALON IBU

Kehamilan lebih dari 1 atau 2 bulan tidak akan menjadi keadaan yang mencemaskan tim medis. Jika kehamilan tersebut lebh dari 2 bulan maka dokter Anda akan mempertimbangkan untuk melakukan induksi persalinan atau bedah Caesar. Saat ini dokter mungkin akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan kesehatan bayi Anda, meliputi USG dan non stress test yang akan mengukur bunyi jantung janin Anda.

INSTING DASAR

Refleks yang ditunjukkan oleh bayi Anda yang baru lahir meliput refleks mengenggam (seperti gambar di bawah ini) yang akan membantunya memegang Anda. Refleks lainnya adalah refleks menyusu dimana ia akan menoleh menuju rangsangan yang menyentuh pipinya, yang akan membantunya menemukan payudara Anda.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Berat badannya mungkin akan berkurang segera setelah lahir dan kemudian akan bertambah kembali setelah 5 hari. Awalnya ia akan bertumbuh lebih lambat, sekitar 1,2 cm (0,5 inchi) selama minggu pertama.

BAYI ANDA

Bila bayi Anda masih berada di dalam rahim, berat badannya akan makin bertambah dan ia sudah tidak sabar untuk dilahirkan. Bila bayi Anda baru lahir makan ia akan melihat bahwa dunia yang sesungguhnya berbeda dengan yang ia ‘lihat’ saat masih dalam kandungan. Untunglah bayi mampu melakukan adaptasi.
Saat ini setelah paru-parunya telah mampu menyediakan oksigen, timbul perubahan besar pada jantung. Dulu terdapat lubang diantara serambi kanan dan kiri jantung yang akan mengalirkan darah sebagai jalan pintas karena paru-paru belum berkembang. Saat ia lahir, lubang ini akan segera menutup dan darah akan berpindah aliran menuju paru-paru. Ia juga telah memperlihatkan refleks nyata yang membantu dirinya sendiri dan menjalin hubungan dengan Anda dan suami.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube