Monday, December 24, 2012

Memilih Cara Persalinan

Posted by triebara | 12:31 PM Categories:

Dibandingkan beberapa dekade sebelumnya, saat ini para calon ibu memiliki banyak pilihan cara persalinan. Suatu proses persalinan dapat dilakukan di rumah sakit atau rumah sendiri dengan beberapa pilihan obat anti nyeri (lihat: Penghilang nyeri persalinan). Adalah hak wanita hamil untuk menentukan dengan cara bagaimana ia hendak melahirkan bayinya, namun terkadang proses persalinan tertentu dapat disarankan karena adanya alasan medis. Sebaiknya Anda bertanya pada dokter untuk mendapatkan berbagai informasi yang anda perlukan sehingga Anda dapat menentukan pilihan.
DUKUNGAN KELUARGA
Persalinan yang dilakukan di rumah tidak hanya memberikan suasana nyaman, namun juga memberi kesempatan keluarga dan suami Anda berpartisipasi dalam proses persalinan.



PERSALINAN DI RUMAH SAKIT

Banyak wanita memilih untuk melahirkan di rumah sakit karena merasa lebih aman atau disarankan demikian. Persalinan di rumah sakit membutuhkan persiapan yang lebih matang. Induksi kelahiran dan pemakaian alat monitor janin merupakan hal-hal yang sering dilakukan di rumah sakit. Bila Anda menjalani persalinan normal maka Anda dapat ditolong oleh bidan. Bila diperlukan pemakain forsep,vakum, atau operasi Caesar, diperlukan bantuan dokter untuk menolong persalinan Anda.
Beberapa wanita merasa bahwa persiapan yang matang dibutuhkan untuk mengantisipasi komplikasi yang mungkin timbul sewaktu-waktu, sedangkan beberapa wanita lainnya justru merasa bahwa hal ini terlalu berlebihan dan mengada-ada. Persalinan normal sering pula dilakukan di rumah sakit, sehingga keselamatan ibu dan bayi lebih terjamin.

KAMAR BERSALIN

Sebagian besar rumah sakit memiliki kamar bersalin. Kamar bersalin menyediakan lingkungan yang menyenangkan dengan penerangan redup dan kursi yang nyaman untuk menenteramkan Anda. Kamar bersalin akan membantu Anda agar merasa lebih santai dan mengontrol sendiri proses persalinan.

PERSALINAN AKTIF

Selain proses persalinan dalam posisi berbaring di atas tempat tidur, terdapat pula posisi persalinan aktif lainnya, seperti dengan cara berlutut, berjongkok, atau mendorong. Posisi tersebut akan mengurangi rasa nyeri persalinan dan memberi kesempatan lebih luas bagi suami untuk berpartisipasi dalam proses persalinan ini.

PERSALINAN DI RUMAH

Dengan pilihan ini Anda dapat berkesempatan untuk menjalani persalinan normal di lingkungan yang lebih santai dan nyaman di tengah keluarga. Seorang bidan yang membantu persalinan dapat melakukan pemeriksaan pranatal di rumah atau di klinik. Bidan juga akan membantu memberi informasi segala hal yang diperlukan untuk mempersiapkan persalinan di rumah. Dalam setiap proses persalinan, selalu ada kemungkinan timbulnya komplikasi. Karena itu, persalinan di rumah biasanya disarankan untuk mereka yang sebelumnya sudah pernah menjalani persalinan normal. Anda dapat juga mengkombinasikan antara pemeriksaan pranatal di rumah dengan proses persalinan yang dilakukan di rumah sakit (lihat: perawatan pranatal)

PERSALINAN DI DALAM AIR

Kolam bersalin yang dangkal terkadang digunakan di rumah sakit dan di rumah untuk menghilangkan rasa nyeri selama proses persalinan (lihat: Penghilang nyeri persalinan). Saat ini, Anda dapat pula menjalani persalinan di dalam air, namun hal ini tergantung pada pendapat dokter dan kebijakan rumah sakit.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube