Wednesday, December 19, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-33

Posted by triebara | 10:00 AM Categories:

CALON IBU

Volume rahim Anda telah membesar 500 kali selama masa kehamilan Anda! Anemia fisiologik akan mulai menghilang karena produksi sel darah merah telah mampu mengimbangi produksi plasma. Anda dapat juga mengalami mimpi yang aneh dan lebih sering buang air kecil.

POSISI BAYI

Gambar di bawah merupakan NMR scan (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu suatu tipe scan yang memperlihatkan tampilan yang lebih jelas dibandingkan dengan X-Ray tanpa radiasi. NMR scan ini hanya dilakukan bila dicurigai adanya suatu komplikasi yang timbul. Gambar di bawah ini memperlihatkan bahwa posisi kepala bayi di bawah—bagian kepala masuk rongga panggul. Otak bayi pun terlihat jelas di dekat mulut rahim.


PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 30cm (12 inchi) dan berat badannya sekitar 2000 gram (4 pon 8 ons).

BAYI ANDA

Walaupun terkurung dalam ruang rahim, bayi Anda telah mampu melakukan gerak gerik sesuai bayi normal yang dilahirkan, kecuali menangis. Ia tidur sepanjang waktu dan mungkin mengalami mimpi yang terasa nyata seperti halnya Anda sendiri. Selama tidur, matanya akan bergerak-gerak sesuai dengan karakteristik tidur REM (Rapid Eye Movement). Bila ia bangun nantinya, ia akan menjadi waspada terhadap lingkungan sekitar, mendengarkan, merasakan, dan mungkin melihat bayangan. Terutama, ia akan mulai belajar sesuai dengan perkembangan sel saraf yang telah membentuk berjuta hubungan. Ia pun aktif walaupun saat ini gerakan yang ia lakukan adalah menendang dengan kuat dan menonjok.

Saat ini semestniya posisi bayi Anda sudah sesuai dengan posisinya saat akan dilahirkan. Hal ini biasanya akan diinformasikan kepada Anda oleh dokter atau bidan. Bila pada masa ini si kecil harus lahir, paru-parunya mungkin telah mampu bekerja, namun ia tetap harus berada di inkubator untuk menghangatkan tubuhnya.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.


0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube