Thursday, December 20, 2012

Ikatan Ibu-Anak dan Masa Menyusui

Posted by triebara | 12:03 PM Categories:
Mungkin Anda adalah salah satu dari wanita yang secara tiba-tiba jatuh hati pada bayi Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir bila perasaan ini belum muncul saat melihatnya untuk pertama kali. Riset menunjukkan bahwa ikatan ibu-anak bukanlah suatu proses sekali jadi. Sebagian besar wanita memerlukan waktu untuk membina hubungan khusus dengan bayinya.
MASA-MASA MEMBAHAGIAKAN
Menyempatkan diri bersama bayi Anda akan menimbulkan perasaan keibuan dan membantu membina hubungan ibu-anak.



IKATAN IBU-ANAK

Beberapa ahli mempercayai bahwa untuk menimbulkan ikatan antara ibu-anak sebaiknya ibu menyempatkan diri untuk menggendong bayinya saat ia baru lahir. Setelah baru saja keluar dari rahim, bayi anda akan merasa tergoncang, tidak aman, dan rapuh. Kontak kulit akan membuat bayi Anda merasa aman dan membantu Anda untuk lebih mengenal buah hati Anda.

Makin banyak sentuhan yang Anda berikan, semakin besar pula perasaan sayang timbul dalam diri Anda, dan bayi Anda akan menjadi semakin bahagia dan sehat. Oleh karena itu, amatlah penting bagi Anda untuk tetap terlibat dalam perawatan bayi bahkan saat Anda berada di rumah sakit. Bila bayi Anda bermasalah dan memerlukan perawatan khusus, sebaiknya Anda berusaha mengunjunginya sesering mungkin. Pemandangan bayi dirawat dalam inkubator dipenuhi selang infus, mungkin akan menakutkan Anda. Namun bayi Anda akan menghargai usaha yang Anda lakukan. Misalnya, membelainya dengan jemari Anda dan secara perlahan menenangkannya.

CINTA AYAH

Ikatan tidak hanya terbentuk antara ibu-anak. Sebaiknya suami Anda juga dilibakan dalam proses menjalin ikatan tersebut. Sebagian besar staf rumah sakit akan memberikan izin pada Anda untuk menghabiskan waktu bersama si kecil. Bila hal ini bukan merupakan kebijakan rumah sakit, maka Anda dapat memintanya dan mencantumkannya pada rencana persalinan yang Anda buat. Waktu kunjungan ayah biasanya dapat diperpanjang, jadi manfaatkanlah hal ini. Doronglah suami Anda untuk menggendong, memandikan, dan mengganti popok bayi sesering mungkin. Bayi Anda akan segera mengenali aroma tubuhnya, suaranya, dan hal ini akan membantu proses membina hubungan.

MASA MENYUSUI

Hal ini merupakan suatu proses alami untuk menunjukkan cinta kasih Anda kepada buah hati. Pertama kalinya, payudara Anda akan menghasilkan kolostrum, yaitu zat cair berwarna kekuningan yang mengandung antibodi dan nutrisi yang penting untuk kesehatan bayi. Masa menyusui sebaiknya dimulai secepat mungkin. Seluruh wanita tanpa memperhitungkan ukuran payudara dapat menyusui anaknya. Kemampuan tubuh untuk memproduksi air susu dan kemampuan bayi untuk menghisap puting merupakan suatu hal yang alami, namun mungkin Anda memerlukan bantuan dalam hal teknik menyusui. Bila Anda mengalami masalah, mintalah dokter untuk meujuk Anda ke konsultan menyusui.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube