Tuesday, December 25, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-40

Posted by triebara | 10:30 AM Categories:

CALON IBU

Berusahalan untuk tetap tenang sementara Anda menuggu dimulainya proses persalinan. Manfaatkan kontraksi Braxton Hikcs atau kontraksi palsu yang terjadi untuk melatih teknik relaksasi dan pernapasan. Saat Anda telah memasuki proses persalinan, pastikan seluruh orang yang membantu Anda telah mengetahui keseluruhan rencana persalinan Anda sebelumnya. Mengingat bahwa kita tidak dapat  memperkirakan apa yang dapat terjadi selama proses persalinan, Anda harus dapat bertindak fleksibel. Persiapkan diri karena mungkin proses ini akan menyakitkan. Anda mungkin telah memutuskan tidak akan memakai obat penghilang nyeri (lihat: Penghilang nyeri persalinan), namun bersikaplah luwes untuk mengubah keputusan itu kapanpun diperlukan.

    LINGLUNG DAN BINGUNG

Segera setelah lahir, bayi Anda akan diukur dan ditambang. Ia akan menangis dengan kuat, namun jangan khawatir bila ia terlihat linglung atau tenang. Sistem tubuhunya akan dipenuhi oleh produksi beberapa hormon seperti endorfin, setelah melampaui proses kelahiran yang berat.

PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 48-51 cm (19-21 inchi) dan berat badannya sekitar 3800 gram (7 pon 8 ons), namun terdapat variasi yang besar.

BAYI ANDA

Bayi yang baru lahir biasanya akan mengejutkan kedua orang tuanya. Awalnya ia akan terlihat aneh. Bentuk kepalanya mungkin sedikit asimetris, namun hal ini akan terkoreksi dengan sendirinya dalam sehari atau dua hari. Kulitnya mungkin tampak kebiruan, keunguan, atau kuning pucat, diliputi oleh lapisan verniks, darah Anda, dan beberapa lanugo atau segelintir mekoneum yang merupakan produk sisa metabolisme tubuh pertamanya. Adanya peninggian hormon akan menyebabkan alat kelamin luarnya sedikit membengkak dan payudaranya mengeluarkan cairan susu. Ia juga mungkin mengalamai perubahan warna kulit, bercak atau kekeringan kulit yang akan menghilang nantinya.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube