Thursday, January 24, 2013

Pernah dengar bakso ikan? Mendegar istilah bakso, kita langsung terbayang bentuknya yang bulat dan terbuat dari daging. Namun, lain yang akan kita jumpai disini—kursi "bakso ikan”! Di Singapura, ada seorang desainer yang membuat kursi yang sangat besar—dan bahkan terbesar di dunia—yang berbentuk bakso ikan.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk (23/1), kursi yang berbentuk bakso ikan berbulu ini sangatlah cocok untuk menjaga Anda tetap hangat terutama di malam-malam musim dingin
Kursi bakso ikan didesain oleh Jason Goh yang berasal dari Singapura. Hehatnya, pembuatan kursi ini terinspirasi dari bakso ikan yang dibuat orang tuanya—dan kisah menyeramkan yang diceritakan sang nenek semasa kecil.

Jason (36 tahun) yang pernah kuliah di University of Glasgow, menjelaskan: “Saya dulu biasa memainkan makanan saat masih kecil, terutama bakso ikan. Dan Kedua orang tua saya adalah penjual mie bakso ikan.
“Untuk menghentikanku berbuat demikian, nenek menceritakan kisah menyeramkan tentang monster bakso ikan yang masih ku ingat sampai sekarang”, terangnya.

Goh menambahkan, “Nenek dulu biasanya bercerita dengan menggunakan dialek Teochew: Jika kau terus bermain-main dengan bakso ikan, bakso ikan itu akan berubah menjadi monster besar berbulu dan akan memakanmu.”

Dinamakan “Moyee”, kursi ini dilengkapi dengan lampu LED yang bersinar menampakkan suasana hati. Dikatakan Jason bahwa lampu ini membantu penggunanya merasa nyaman saat membaca atau pun saat sedang bersantai.

Kursi bakso ikan ini terbuat dari karet yang diisi dengan air untuk menjaganya tetap seimbang—tidak terjatuh saat mendudukinya—dan dapat dikempiskan supaya mudah dilipat ketika tidak digunakan.

Bakso ikan merupakan makanan yang umum dijumpai di Singapura, terbaut dari ikan cincang dan juga tepung. Bakso ikan tersebut biasa dijual di kios-kios yang mirip dengan stand hot dog di Amerika.

Bakso ikan biasanya direbus dalam saus kari pedas atau digoreng dan merupakan jajanan pinggir jalan yang terkenal di Singapura.

Meskipun kursi bakso ikan milik Goh ini tidak dijual, namun saat ini kursi bakso ikan sedang dipamerkan di Museum Nasional Singapura sampai tanggal 27 Januari.

Ayo-ayo...siapa yang mau lihat langsung?? Silakan datang aja ke Singapura, sebelum tanggal 27 lho! ;)

triebara.



1 komentar:

Hal Unik said...

Unik dan kreatif juga yah

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube