Tuesday, January 29, 2013

Beberapa Kesalahan Saat Wawancara Kerja

Posted by triebara | 9:27 AM Categories:
Ketika akan wawancara kerja, pelamar pastilah mempersiapkan diri agar bisa tampil maksimal saat wawancara nanti. Namun, ada kalanya meski sudah dipersiapkan se-perfect mungkin, ada kalanya hasil tidak seperti yang diharapkan.  Kali ini, akan di-share tentang Beberapa Kesalahan Saat Wawancara Kerja.
Foto: Thinkstock
Seperti dilansir dari yahoo.com, saat seseorang akan menghadapi wawancara kerja sebaiknya hindari hal-hal berikut.

Diantar Pacar atau Mama

Hal seperti ini mungkin sudah biasa terjadi—ketika melamar pekerjaan dan atau saat interview, pelamar diantar oleh seseorang entah itu orang tua, teman, bahkan pacar. Ada kalanya hal seperti ini juga akan mendapat penilaian dari pihak perusahaan. Misalnya terkait dengan kemandirian seseorang. Percayalah, ketika seseorang telah bekerja di suatu tempat, sebisa mungin ia harus bisa mandiri. Meski memang tidak dipungkiri kita masih tetap butuh bantuan orang lain, namun janganlah menjadi “tergantung” padanya. Itu tidaklah baik. Berusahalah mencari perkembangan karir dan penghasilan sendiri. Saat wawancara kerja, factor kedewasaan dan profesionalitas juga akan mendapat poin tersendiri.

Membawa seseorang saat wawancara kerja—ada yang ikut menunggu di ruang tunggu, bahkan menampakkan kemesraan dengan pacar—bisa memberikan kesan bahwa pelamar tersebut tidak bisa berdiri sendiri dan tergantung pada orang lain. Hendaklah ketika memang harus diantar, usahakan sang pengantar—entah pacar, mama, dll—menunggu di tempat lain. Dan pelamar masuklah sendiri dengan tampil percaya diri dan tampilkan kesan professional yang mampu menimbulkan kesan positif.

Buta Informasi

Kesalahan ini biasa terjadi pada fresh graduate—siswa/mahasiswa baru lulus. Biasanya karena semangat segera mendapat pekerjaan, terus menyebar lamaran dimana-mana. Begitu ada panggilan, Anda lupa perusahaan apa yang telah memanggilnya dan mungkin Anda  juga tak ingat  pernah melamar disana sebagai apa! Dan parahnya lagi, jika pelamar menanyakan hal ini ke pihak yang menghubungi. Hmm…pastilah hal ini akan menjatuhkan nilai Anda. Buta informasi soal perusahaan dan posisi yang dilamar menunjukkan Anda orang yang tidak maksimal dalam melakukan sesuatu dan tidak memeprhatikan detail. Selain itu juga menunjukkan kurang penghargaan Anda pada perusahaan yang memberikan Anda kesempatan kerja.

Untuk mengantisipasinya, buatlah daftar yang berisi tentang penyebaran surat lamaran Anda. Misalnya dengan kolom tanggal pembuatan/pengiriman, posisi yang dilamar, nama perusahaan. Jika Anda dihubungi pihak perusahaan untuk wawancara, Anda bisa segera mengeceknya di daftar yang telah Anda buat. Sebaiknya  Anda juga berusaha mencari informasi perusahaan yang Anda lamar. Anda bisa searching di internet tentang perusahaan tersebut dan juga job desk¬ posisi yang Anda lamar.

Miss Ring-Ring

Miss Ring-Ring merupakan istilah bagi seseorang yang handphone (HP)-nya selalu berdering/berbunyi. HP sering berdering (entah itu SMS atau telpon) saat wawancara? Hhmm…hal itu kuranglah etis dilakukan ketika wawancara kerja. Pewawancara akan merasa terganggu dan juga merasa tidak dihargai. Ambil contoh, misalnya ketika sedang serius bertanya tiba-tiba suara HP Anda berbunyi dan Anda pun segera merespon suara HP itu, tentulah pewawancara akan merasa tersinggung atas sikap Anda yang dinilai tidak bisa menghargai orang yang sedang bicara.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya sebelum memasuki ruang wawancara kerja,  HP dimatikan terlebih dahulu atau pun bisa dibuat modus getar/silent. Jika Anda memang sedang menunggu kabar dari seseorang dan itu memanglah kabar yang sangat penting, alangkah baiknya jika Anda memberitahu pewawancara terlebih dahulu.

Makan Permen Karet

Makan permen karet terutama yang mengandung mint  memang bisa membuat nafas segar. Namun, janganlah Anda menguyah permen karet tatkala wawancara berlangsung. Tidak etis! Buang dulu permen karet Anda sebelum memasuki ruang wawancara. Hal lain yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesegaran nafas adalah dengan menggunakan cairan khusus untuk berkumur. Sekarang ini, cairan semacam itu bisa dibeli di supermarket atau pun toko-toko. Jadi, tidak ada alasan Anda tetap menguyah permen karet saat wawancara. Selain itu, bahasa tubuh juga menentukan keberhasilan wawancara kerja. Hindari menggoyangkan kaki, terus menatap ke bawah bahkan menguap saat wawancara.

Datang Terlambat

Ini merupakan kesalahan yang paling umum dilakukan. Tepat waktu atau tidaknya Anda menunjukkan seberapa besar Anda menghargai kesempatan yang diberikan. Macet merupakan hal yang biasa dijadikan alasan keterlambatan. Hal lainnya lagi, yakni tersasar.

Seorang pelamar kerja hendaknya telah mensurvei  terlebih dahulu tempat perusahaan yang dia lamar sebelum hari H wawancara. Misalnya terkait dengan rute maupun jarak antara tempat dia tinggal hingga ke tempat kerja. Hal ini bisa dipergunakan untuk memperkirakan berapa waktu waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat kerja dan usahakan memberikan batas toleransi waktu. Misal, jika dari tempat Anda tinggal ke tempat perusahaan yang Anda lamar bisa ditempuh dalam waktu setengah jam, usahakanlah Anda menyediakan waktu minimal 45 menit.  Dengan kata lain, setidaknya Anda telah ada disana 15 menit lebih awal.

Ya itulah guys, Beberapa Kesalahan Saat Wawancara Kerja. Semoga bermanfaat dan ganbatte! ;)
Triebara

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube