Friday, January 18, 2013

PERSIAPAN PERSALINAN

Posted by triebara | 8:05 AM Categories:
Sudah saatnya Anda menyiapkan diri untuk menjalani proses persalinan. Lakukan beberapa latihan di waktu luang, yang akan membantu Anda mendapatkan posisi nyaman untuk melahirkan (lihat: Posisi Persalinan). Pastikan Anda mengetahui cara membuat diri Anda merasa rileks. Persiapan seperti ini akan sangat membantu, bila ternyata bayi Anda lahir lebih cepat dari perkiraan.
RELAKSASI


 Latihlah teknik pernapasan dan relaksasi setiap hari.

POSISI BERJONGKOK

Awalnya mungkin Anda mengalami kesulitan saat melakukan gerakan ini dalam waktu lama, namun bila Anda terus melatihnya selama beberapa menit setiap hari maka secara perlahan-lahan Anda akan tahan melakukannya dalam waktu lama.

Posisi ini amat baik dilakukan saat bersalin, karena akan membantu bayi melewati jalan lahir. Latihan jongkok akan membuka rongga panggul dan menegangkan perineum (daerah diantara anus dan vagina), yang akan mencegah perobekan perineum saat Anda bersalin nantinya. Posisi ini awalnya sulit untuk dilakukan, karena sebagian besar wanita jarang melakukannya sebelumnya.

Belajarlah untuk melakukan posisi latihan ini perlahan-lahan. Dimulai dengan duduk di kursi yang rendah. Rentangkan kedua kaki Anda. Majukan tubuh Anda sambil menegakkan punggung. Dorong lutut Anda agar saling berjauhan dan tumpukan dengan memakai siku.

Bila sendi panggul Anda telah fleksibel dan Anda cukup merasa nyaman dengan posisi ini, cobalah untuk menyangga tubuh Anda sendiri tanpa menggunakan bantuan kursi. Gunakan kursi untuk membantu keseimbangan Anda dan bila tumit Anda sulit untuk menginjak lantai, tempatkan gulungan selimut atau handuk di bawahnya.

POSISI DUDUK BERSILA

Duduklah dengan punggung tetap tegak dan temukan kedua ujung telapak kaki Anda. Usahakan untuk membuka kedua lutut Anda dengan cara menekan kedua paha Anda.

Posisi ini akan memperkuat otot-otot paha Anda. Latihan ini juga sangat membantu latihan jongkok yang sudah Anda lakukan, juga untuk memperbaiki kelenturan panggul. Bila Anda merasa sulit melakukannya untuk pertama kali, gunakan bantal atau duduklah di depan tembok. Selama Anda melatih posisi ini, tetaplah berkonsentrasi untuk berlatih teknik pernapasan serta relaksasi (lihat: Kehamilan: Relaksasi).
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube