Monday, January 28, 2013

Tips Berjemur Matahari Pagi Untuk Bayi

Posted by triebara | 10:31 AM Categories:
Sinar matahari merupakan salah satu karunia Tuhan bagi makhluknya. Dengannya, tumbuhan bisa menjalankan proses fotosintesisnya sehingga dapat terus tumbuh, hewan bisa menghangatkan dirinya dan begitu juga dengan manusia. Sinar matahari pun juga memiliki banyak manfaat bagi bayi.
Foto: Thinkstock
Sinar matahari selain dapat menghangatkan tubuh, juga sangat baik untuk mendukung pembentukan vitamin D di kulit bayi. Karenanya, semasa kehamilan, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, karena saat si kecil lahir sudah berbekal vitamin D. Dengan berjemur sinar matahari, calon vitamin D akan matang sepenuhnya dan berperan dalam pembentukan tulang bayi. Selain itu, dengan menjemur bayi dapat mengurangi resiko terkena penyakit ricketsia atau gangguan pertumbuhan tulang. Meskipun banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menjemur bayi, namun tidak boleh sembarangan, misalnya menjemur bayi di kala siang. Tentu saja bayi akan kepanasan…kita aja jalan kaki di kala siang aja kepanasan kok…apalagi bayi yang kulitnya masih lembut :D

Dan ini nich…tips menjemur bayi yang dikutip dari situs ayahbunda:
·         Lakukan di pagi hari, saat matahari sudah mulai muncul. Ga boleh lewat dari jam 8 pagi, karena di atas jam itu kulit bayi terlalu sensitif untuk sinar matahari yang mulai memanas.
·         Letakkan bayi di tempat terbuka dengan permukaan rata dan cukup empuk (misalnya dengan menggunakan kasur tipis). Bisa juga menjemur bayi di balik jendela kaca bening yang terpapar sinar matahari.
·         Buka baju bayi, lalu baringkan dalam posisi terlentang selama kurang lebih 15 menit. Anda dapat membelainya lembut dan ajaklah dia bicara.
·         Letakkan bayi membelakangi sinar matahari, bila perlu gunakan sapu tangan untuk menutupi matanya supaya tidak silau.
·         Ubahlah posisi terlentang menjadi telungkup selama kurang lebih 15 menit juga.
·         Jika sudah, selimuti dan angkat bayi dari tempatnya berjemur.
·         Kenakan baju dan susuilah si kecil supaya dia segera merasa nyaman kembali.

Nah, itu dia tips untuk hari ini. Banyak manfaat yang didapat dari berjemur untuk si kecil. So, jangan ragu-ragu ataupun malas untuk melakukannya. Demi si kecil, si buah hati ;)
Triebara


1 komentar:

Unknown said...

makasiiii infonya, smg bermanfaat

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube