Thursday, January 17, 2013

Kehamilan: Relaksasi

Posted by triebara | 9:04 AM Categories:

Bila Anda merasa cemas selama masa kehamilan, otot-otot tubuh Anda akan kaku dan tegang. Akibatnya, Anda justru akan merasa kurang nyaman dan kondisi ini dapat berpengaruh terhadap bayi Anda. Suatu studi telah menunjukkan bahwa para calon ibu yang tegang selama kehamilan akan melahirkan bayi yang gugup dan cemas pula. Belajar lebih santai merupakan persiapan yang baik untuk menghadapi persalinan. Saat itulah seluruh otot-otot tubuh secara otomatis akan menegang sebagai respon terhadap kontraksi rahim. Dengan bersantai maka Anda akan lebih mudah mendeteksi kapan bayi Anda akan lahir dan Anda sendiri juga akan lebih tenang. Selain itu, relaksasi membantu menghemat energi sehingga Anda tidak merasa cepat lelah. Kursus senam kehamilan biasanya mencakup latihan untuk relaksasi dan teknik pernapasan.

WAKTU SANTAI

Menghabiskan waktu sendirian dengan membaca buku atau mendengarkan musik akan membantu Anda untuk merasa lebih bebas dan santai.

BERSANTAI DI RUMAH

Pakailah baju longgar dan duduklah dengan posisi berbaring nyaman di tempat tidur, lantai, atau kursi. Gunakan beberapa bantal dan guling untuk menyangga seluruh tubuh Anda. Mulailah menegangkan otot-otot pada bagian kaki selama beberapa menit, kemudian kendurkan kembali. Lakukan hal yang sama pada betis, paha, perut, panggul, tangan, lengan, kemudian wajah. Tegangkan lalu relaksasikan otot-otot tubuh Anda. Tutuplah mata dan kerutkan dahi lalu relaksasikan. Buka rahang lebar-lebar lalu relaksasikan. Ulangi lagi, tetapi kali ini dimulai dari daerah wajah dan kemudian turun ke bawah. Setelah melakukan semua ini, Anda tentunya akan merasa berat dan lemas. Lakukanlah hal ini sekali sehari.

BERBARING MIRING

Pada kehamilan lanjut, amat sulit mengistirahatkan perut Anda. Gunakan bantal di bawah sisi tubuh dan diantara kaki untuk menghilangkan tekanan tersebut.

BERBARING TERLENTANG

Letakkan bantal di bawah tubuh Anda. Bantal di bawah kepala akang mengangkat tubuh anda sedikit. Demikian pula halnya dengan bantal yang ditempatkan pada sisi tubuh Anda.

Salah satu ide yang baik untuk dilakukan saat hamil adalah mempelajari teknik pernapasan. Mengontrol pernapasan akan membantu Anda untuk rileks dan mencegah kepanikan selama proses persalinan. Berlatihlah menghirup udara dalam-dalam melalui hidung dan kemudian mengeluarkannya melalui mulut. Saat menghembuskan udara, kendurkan pula otot-otot tubuh Anda. Jangan menahan napas karena hal ini justru akan membuat Anda merasa lebih tegang. Suami Anda akan membantu Anda untuk merasa lebih rileks dengan memberikan pijatan ringan pada tubuh terutama di area-area yang sulit dijangkau, seperti punggung bawah atau telapak kaki.

PIJATAN LEMBUT

Suami dapat membantu membuat Anda lebih rileks dengan memijat bagian kaki yang nyeri atau bagian tubuh lainnya yang sulit Anda jangkau.
Source: Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube