Friday, November 30, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-5

Posted by triebara | 8:31 AM Categories:

PEMBENTUKAN STRUKTUR

Saat ini janin Anda telah memiliki bagian atas dan bawah yang jelas. Bentuknya menyerupai huruf C yang khas. Di sepanjang tabung sarafnya (memanjang ke bawah pada punggung) dibatasi oleh jaringan yang disebut somit. Jaringan ini akan menjadi bakal otot dan struktur lain. Janin Anda diselubungi oleh 2 membran pelindung dan suatu struktur menyerupai balon (kantong yolk) yang merupakan tempat pembentukan sel darah.

CALON IBU

Tanda utama kehamilan adalah tidak menstruasi sekitar 2-3  minggu setelah konsepsi. Namun ketiadaan  menstruasi (amenore) ini bisa juga disebabkan oleh hal-hal lain. Sebaiknya Anda mengkonfirmasikan kehamilan dengan melakukan tes urin di rumah atau di klinik. Dokter kemudian akan menaksir perkiraan hari persalinan dihitung semenjak hari pertama siklus menstruasi terakhir.
Kehamilan biasanya terbagi dalam 3 periode, yang dikenal sebagai triwulan. Triwulan pertama berlangsung hingga minggu kehamilan ke-13. Pada masa ini terjadi perkembangan janin yang cepat.
Pada masa ini resiko keguguran termasuk tinggi. Triwulan kedua berlangsung dari minggu kehamilan ke-14 hingga 27, sedangkan triwulan terakhir berlangsung dari minggu kehamilan ke-28 hingga 40.

BAYI ANDA

Saat ini, janin di rahim Anda telah memiliki bentuk jelas. Janin telah memiliki bagian atas bawah, kanan kiri, serta depan belakang. Di daerah punggung terdapat suatu celah melengkung yang akan membentuk struktur seperti tabung silinder yang disebut neural tube (tabung saraf).
 Dalam perkembangannya nanti akan terbentuk sumsum tulang belakang dan otak. Bagian atas dari tabung tersebut akan meluas dan mendatar untuk membentuk bagian otak depan. Di bagian pusat janin terbentuk suatu tonjolan yang merupakan bakal jantung. Tonjolan tersebut akan dialiri oleh pembuluh darah rudimenter (pembuluh darah yang belum sempurna).

Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati.  Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube