Wednesday, November 28, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-3

Posted by triebara | 10:59 AM Categories:

CALON IBU

Kira-kira 7 hari setelah fertilisasi, morula akan tertanam di lapisan dalam rahim (endometrium). Secara formal dapat dikatakan, Anda memang sedang hamil! Kelompok sel tersebut akan semakin matang dan  menjadi blastokista, substansi yang akan menstimulasi terjadinya perubahan dalam tubuh Anda termasuk terhentinya siklus menstruasi.

BAYI ANDA


Selama minggu-minggu awal kehamilan, bayi Anda akan berkembang pesat. Setiap hari pasti terjadi perubahan besar. Hanya dalam waktu 7 hari, sebuah sel akan menjadi suatu kelompok berisi ratusan sel. Walau secara kasat mata bahkan dengan bantuan mikroskop tetap sulit dilihat, sel-sel ini telah  mengatur dirinya sendiri dengan benar. Sebagian membentuk embrio, sedangkan yang lain menjadi struktur penyokong yang memberi nutrisi pada embrio. Bagaimana hal ini dapt terjadi masih menjadi sebuah misteri bagi para ahli.
Blastokista merupakan sel bulat berongga, berisi cairan yang dapat diamati secara kasat mata. Biasanya terletak di bagian atas rahim pada sisi yang sama dengan tempat ovarium melepaskan sel telur. Hal ini terjadi antara hari ke-4 sampai ke-7, namun ia baru benar-banar tertanam dalam rahim pada hari ke-10. Sedangkan kumpulan sel di lapisan terluar blastokista yang disebut sel-sel villi, berfungsi sebagai jalur pertukaran zat makanan dan sampah zat antara pembuluh darah Anda dengan janin. Villi ini berbentuk seperti jonjot akar yang tertanam ke dalam endrometrium. Jalur pertukaran ini pada akhirnya akan sempurna dengan dibentuknya plasenta, yaitu suatu organ yang akan memberikan nutrisi dan melindungi janin beberapa bulan mendatang. Sementara itu, lapisan rahim akan tumbuh di sekitar blastokista dan menutupinya.

Sumber: MacDougal, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube