Friday, November 30, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-9

Posted by triebara | 2:24 PM Categories:

CALON IBU

Saat ini bentuk tubuh Anda belum memperlihatkan adanya kehamilan. Meskipun demikian, hormon kehamilan hCG (Human Chorionic Gonadotrophin) sedang berada di level puncak sehingga Anda akan mengalami beberapa perubahan. Kulit wajah Anda akan terasa lebih halus dan kencang walau mungkin Anda akan sedikit berjerawat. Mungkin Anda merasa harus lebih jarang mencuci rambut karena rambut terasa lebih kering.
Payudara terasa sedikit mengencang, terkadang padat, atau sedikit nyeri bila ditekan. Pada saat ini Anda juga akan merasakan cairan keluar dari vagina dalam jumlah bervariasi. Itu semua merupakan suatu proses yang alami dan tidak perlu dikhawatirkan.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 22-30 mm(0,9-1,2 inchi) dan berat badannya sekitar 4 gram (0,12 ons)

 ENDOSKOPI

Endoskopi hanya dilakukan untuk memeriksa adanya kecurigaan terhadap kelainan tertentu dengan cara memasukkan kamera super mini melalui dinding rahim. Gambaran endoskopi akan memperlihatkan bentuk janin secara keseluruhan, lengkap dengan wajah dan sepasang tangannya.


BAYI ANDA

Punggung bayi Anda saat ini akan sedikit menegak dan tulang ekornya akan sedikit memendek. Proporsi kepala masih lebih besar dari anggota tubuh lainnya dan bagian kepalanya masih menekuk ke arah dada. Kedua matanya telah berkembang dengan baik namun masih ditutupi oleh membran kelopak. Bayi Anda dapat melakukan gerakan-gerakan kecil setelah otot-ototnya mulai berkembang dan perubahan ini dapat dilihat melalui USG. Anggota badannya juga mulai berkembang. Perkembangan lengan dan jari tangan lebih cepat daripada tungkai dan jari kaki. Pada tahap ini, telapak tangan janin telah memiliki batas jari tangan yang jelas. Kelima jari tangan tampak terpisah satu sama lain.

Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube