Thursday, December 6, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-14

Posted by triebara | 1:57 PM Categories:

CALON IBU

Saat ini Anda telah memasuki triwulan kedua yang merupakan awal dari saat-saat terbaik di masa kehamilan. Anda akan mulai merasa lebih bersemangat seiring dengan membesarnya rahim dari minggu ke minggu.
Anda dapat mengikuti perkembangan pembesaran rahim dengan mengetahui letak fundus, yang merupakan puncak dari rahim. Posisi fundus makin lama akan makin naik di rongga perut seiring makin membesarnya rahim. Posisi fundus berawal dari daerah di bawah garis pubis hingga naik ke atas pusar.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekita 80-113 mm (3,2-4,5 inchi) dan berat badannya sekitar 25 gram (0,9 ons).

MELIHAT DARI DEKAT

Wajah bayi Anda saat ini telah berkembang sempurna dengan segala struktur yang makin jelas terlihat dengan kelopak matanya yang menutup. Selain adanya lanugo, tumbuh pula alis yang sangat halus. Beberapa helai rambut bahkan telah mulai tumbuh.

BAYI ANDA

Mulai saat ini, wajah bayi Anda terlihat lebih sempurna. Pipi dan jembatan hidungnya telah terlihat, kedua telinganya telah berpindah dari bagian sisi leher ke sisi-sisi di samping kepala, dan letak kedua matanya telah saling berdekatan.
Perkembangan besar lain di minggu ini adalah tumbuhnya lanugo yang merupakan suatu rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh janin dengan pola melingkar sesuai alur kulitnya. Pola ini nantinya akan menjadi cikal bakal sidik jari.
Lanugo ini dikatakan memiliki fungsi pelindung terutama sebagai pengikat minyak yang dihasilkan kulit bayi di bulan-bulan selanjutnya. Lanugo ini akan menghilang sebelum proses kelahiran, kemudian digantikan oleh rambut bayi sesungguhnya yang lebih tebal.
Minggu ini merupakan minggu yang terpenting bagi perkembangan organ dalam. Kelenjar tiroid (gondok) bayi akan menjadi matang dan mulai memproduksi hormon. Pada bayi laki-laki telah muncul kelenjar prostat. Pada bayi perempuan, ovarium telah turun dari rongga perut menuju rongga panggul.
Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube