Tuesday, December 11, 2012

Kehamilan: Minggu ke-21

Posted by triebara | 11:11 AM Categories:

CALON IBU


Selama 10 minggu ke depan, berat badan Anda akan meningkat secara drastis mengingat bayi Anda sendiri telah menumpuk lemak di dalam lapisan kulitnya. Berat badan yang Anda capai pada masa ini adalah sekitar setengah berat badan keseluruhan selama masa kehamilan.

PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 18 cm (7,2 inchi) dan berat badannya sekitar 300 gram (10,5 ons).

ALIS MATA DAN VERNIKS

Bentuk lanugo yang seperti kumparan atau pusaran dapat diamati di bagian dahi dan bibir atasnya, sedangkan alis matanya mulai tampak menebal. Alis mata bayi Anda tampak berkilat, karena adanya verniks (yang dikeluarkan oleh janin pada minggu sebelumnya) terutama pada alis. Kelopak matanya masih menutup saat ini.

Nafsu makan Anda akan semakin meningkat dan Anda akan membutuhkan tambahan 500 kalori setiap harinya untuk mempertahankan metabolismem tubuh. Tetaplah mengkonsumsi banyak makanan, namun hindarilah untuk memakan 1 atau 2 jenis makanan tertentu saja terutama jenis makanan tidak sehat dan berlemak, yang kandungan nutrisinya rendah. Janganlah kaget bila Anda merasa ingin makan suatu jenis makanan yang tidak biasa! Hal seperti ini disebut pica (mengidam). Ada juga ibu hamil yang mengidam hal yang tidak lazim, seperti tanah dan jelaga. Saat ini Anda telah mampu merasakan puncak rahim yang berlokasi 1,25 cm (0,5 inchi) di atas pusar Anda.

BAYI ANDA


Saat ini bayi Anda telah memiliki jumlah sel darah merah yang cukup banyak dan salah satu sistem kekebalan tubuhnya, yaitu sel darah putih telah mulai terbentuk.

Bakal indera pengecap pada lidahnya juga mulai terbentuk. Sistem saluran pencernaannya saat ini telah berkembang sehingga dapat menyerap air dan zat gula dari cairan amnion yang ia telan dan mengalirkan sedikit zat padat ke dalam usus besarnya.

Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube