Thursday, December 13, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-23

Posted by triebara | 8:05 AM Categories:

CALON IBU

Saat ini kontraksi Braxton Hicks dapat timbul. Kontraksi ini terjadi secara tidak teratur dan tanpa rasa nyeri. Saat ini , rahim Anda sedang ‘belajar’ untuk menghadapi proses persalinan. Semakin tua usia kehamilan Anda maka kontraksi ini akan semakin kuat. Namun jangan mengartikan kontraksi ini dengan proses persalinan yang sesungguhnya. Anda dapat merasakan adanya kontraksi dengan meletakkan tangan Anda di atas perut. Meskipun begitu, kontraksi ini dapat berlangsung tanpa Anda sadari. Bayi Anda juga mungkin merasakan rahim yang mencengkeran dan seakan memijatnya, namun kondisi ini tidak berbahaya bagi bayi Anda.

KEGIATAN MENGHISAP IBU JARI TANGAN

Pigmen kulit pada tangan bayi akan memberikan warna kemerahan. Dulu bayi Anda hanya mampu meletakkan ibu jari tangannya ke dalam mulut, namun saat ini ia telah mampu menghisapnya.

PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 20 cm (8 inchi) dan berat badannya sekitar 450 gram (hampir 1 pon).

BAYI ANDA

Walaupun lemak telah tersimpan dalam lapisan kulitnya, namun  bayi Anda masih terlihat berwarna kemerahan dan berkerut. Hal ini disebabkan lapisan kulitnya dibentuk lebih cepat daripada penyimpanan lemak subkutannya (lemak di lapisan bawah kulit) sehingga lapisan kulitnya tampak ‘longgar’. Warna kemerahan pada kulit merupakan pengendapan pigmen yang mulai terjadi sehingga kulit bayi tampak transparan.
Pergerakan bayi Anda akan semakin aktif, seperti menendang dan memukul. Video fateskopi janin dalam rahim memperlihatkan bagaimana tangan janin bermain-main menelusuri tali pusat dan mendorong membran amnion yang melingkupinya dengan wajah dan tangannya.
Bayi Anda mulai menelan sejumlah kecil cairan amnion dan mengeluarkan sebagian dalam bentuk urin. Cairan dan zat gula yang ia peroleh dari amnion tersebut merupakan tambahan nutrisi yang penting. Sumber nutrisi terutama ia peroleh dari makanan yang dikonsumsi ibu yang akan memasuki tubuh janin melalui peredaran darah di plasenta dan tali pusat (ari-ari). Bayi Anda dapat  cegukan saat menelan sejumlah cairan dan Anda dapat merasakan pergerakan tubuhnya yang menyentak-nyentak di dalam rahim saat cegukan.

Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube