Saturday, December 1, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-11

Posted by triebara | 12:52 PM Categories:

CALON IBU


Saat ini tubuh Anda mengalami pembakaran kalori yang lebih cepat dibanding sebelum kehamilan, sehingga tingkat metabolik basal Anda akan meningkat sekitar 25%. Jumlah darah yang dipompakan ke seluruh tubuh juga akan meningkat. Hal ini menyebabkan Anda merasa lebih hangat dari biasanya dan Anda akan lebih banyak berkeringat. Oleh karena itu, minumlah lebih banyak air.
PANJANG BAYI
Panjangny sekitar 44-60 mm (1,75-2,4 inchi) dan berat badannya sekitar 8 gram (0,3 ons).

 KEPALA BESAR

Kepala bayi mencapai setengah proporsi panjang tubuh. Hal ini disebabkan otaknya lebih cepat berkembang dibandingkan bagian tubuh lainnya. Bagian tubuh lainnya tersebut akan  mengejar ketinggalannya di bulan-bulan selanjutnya. Pada minggu ini pula, alat kelamin luar bayi Anda mulai terlihat lebih jelas.

BAYI ANDA

Minggu ini merupakan akhir periode embrionik dan mulai saat ini calon bayi Anda akan disebut fetus (janin). Ia akan berkembang lebih cepat dari biasanya hingga mencapai minggu kehamilan ke-20. Sementara itu , pembuluh darah dalam plasenta akan diperbanyak untuk menyokong kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Telinga bayi secara berangsur-angsur akan bergerak dari leher menuju ke sisi samping kepala. Ukurannya diperkirakan masih sekitar setengah dari panjang tubuh keseluruhan. Usus halus dalam perutnya masih dalam proses perkembangan dan beberapa diantaranya masih menyatu ke dalam tali pusat (di minggu-minggu selanjutnya usus-usus halus ini akan kembali masuk ke dalam perut). Usus-usus ini telah mampu menimbulkan gerakan peristaltik, yaitu suatu gelombang konstriksi yang mengalirkan makanan sepanjang saluran pencernaan. Tentu saja dalam tahap ini belum ada makanan yang dialirkan oleh gelombang tersebut, namun pada kehamilan lanjut, sel-sel mati dan cairan amnion (air ketuban) yang tertelan dapat dialirkan melalui saluran pencernaan.

Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube