Wednesday, December 12, 2012

Kehamilan: Minggu ke-22

Posted by triebara | 7:58 AM Categories:

CALON IBU

Seperti minggu-minggu sebelumnya, volume darah Anda akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan selama kehamilan. Peningkatan ini sebagian diakibatkan oleh pembentukan plasma, yaitu suatu bagian cair dalam darah yang memiliki efek mendilusi (mencairkan) darah. Akibatnya akan timbul suatu keadaan anemia fisiologik selama kehamilan. Ukuran darah yang berdilusi ini disebut hematokrit, yang mencapai nilai terendah pada minggu ini. Anemia fisiologik merupakan kondisi yang normal. Meskipun begitu, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa Anda memiliki zat besi yang cukup agar keadaan anemia ini tidak menjadi serius dan membahayakan.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 19 cm (7,6 inchi) dan berat badannya sekitar 350 gram (12,25 ons).
KUKU JARI
Saat ini kuku jari bayi Anda telah berkembang sempurna. Selain menghisap jarinya, ia juga telah mampu menyentuh dan memukul wajahnya.

BAYI ANDA

Kewaspadaan diri dan inderanya telah  makin meningkat. Saat ini buah hati Anda telah memiliki jumlah sel saraf yang komplit di otaknya dan telah mampu belajar mengenai diri dan sekitarnya melalui sentuhan. Sentuhan merupakan indera pertama yang dipakai bayi untuk mempelajari gerakan menekuk, gerakan memindah organ gerak, untuk mempelajari letak bagian lain dari tubuhnya, dan keseimbangan tubuh satu sama lain. Ia dapat merasakan wajahnya atau bahkan memukul kaki dan lengannya. Saat menghisap ibu jari, ia dapat membawa ibu jari tersebut ke dalam mulutnya atau menekuk kepalanya ke arah tangan. Proses belajar ini terus diulang setelah ia lahir. Bayi Anda akan menyatukan pengetahuan melalui indera perasa yang ia miliki sejak dalam kandungan dengan informasi dari indera penglihatannya nanti (serta pengetahuan yang didapat dengan cara memasukkan benda ke dalam mulutnya).

Sumber: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube