Thursday, December 6, 2012

Kehamilan: Minggu Ke-13

Posted by triebara | 1:47 PM Categories:

CALON IBU

Mulai saat ini terjadi pengeluaran hormon ke dalam aliran darah dalam jumlah konstan sehingga tubuh Anda dapat beradaptasi terhadapnya. Gejala morning sickness akan berhenti. Demikian pula, keluhan saat awal kehamilan seperti perasaan mudah tersinggung dapat menghilang. Perasaan cemas dapat mereda seiring dengan menurunnya resiko keguguran.
PANJANG DAN BERAT BAYI
Panjangnya sekitar 65-78 mm (2,6-3,1 inchi) dan berat badannya sekitar 14-20 gram (0,5-0,7 ons).

 BAYI BERLAPIS MEMBRAN

Membran tipis yang melapisi bayi Anda ditembus oleh tali pusat. Ini terlihat jelas pada gambar. Membran ini sebenarnya terdiri dari 2 lapisan, yaitu amnion dan korion yang saling menyatu. 

BAYI ANDA

Kelopak mata bayi Anda masih menutup dan tidak akan membuka hingga usia kehamilan 4 bulan. Bayi Anda akan mulai menghisap ibu jari tangannya karena lengannya telah cukup panjang untuk menjangkau mulutnya. Sebenarnya bayi tidak benar-benar menghisap jarinya, namun ia hanya menaruh ibu jarinya di dalam mulutnya.
Jaringan yang akan melapisi tulang telah terbentuk, terutama bagian kepala, kaki, serta beberapa tulang iga mulai terlihat, bagian mulut dan dagunya tampak lebih jelas. Pada minggu-minggu mendatang, bayi Anda akan mulai mengalami perkembangan yang mengarah ke kesempurnaan fungsi. Jantungnya akan bergerak sesuai gerakan pernapas, dan janin telah mampu menelan sedikit cairan amnion yang kemudian dikeluarkannya dari tubuhnya sebagai air seni (urin).
Sebenarnya, plasenta Anda akan mensuplai kebutuhan nutrisi dan oksigen, serta berfungsi sebagai alat pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh bayi. Meskipun demikian, cairan amnion akan berperan penting di bulan-bulan terakhir. Mulai minggu ke-13 ini, plasenta telah berkembang sempurna dan telah siap menjadi tempat pembentukan hormon yang selama ini dihasilkan oleh ovarium. Plasenta akan memproduksi beberapa hormon seperti progesteron dan estriol yang berperan penting untuk mempertahankan kehamilan Anda dan menginduksi beberapa perubahan yang diperlukan oleh tubuh Anda.
Source: MacDougall, dr. Jane. 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube