Monday, November 26, 2012

FERTILISASI

Posted by triebara | 8:29 AM Categories:
Selama Anda masih dalam usia reproduksi, rahim Anda selalu dipersiapkan untuk hamil setiap bulannya melalui siklus menstruasi. Hari pertama siklus dimulai sejak Anda mengalamai menstruasi di bulan tersebut. Saat itu, lapisan dinding rahim (endometrium) terlepas dan keluar sebagai bagian dari darah menstruasi. Saat menstruasi berakhir, lapisan endometrium akan terbentuk kembali.

SAAT KONSEPSI. Walaupun pada awalnya terdapat 300 juta sel sperma yang diejakulasikan ke dalam vagina, hanya sekitar beberapa ratus sperma yang mampu mencapai tuba falopi dan hanya satu sperma yang akan membuahi sel telur yang matang.


Sekitar hari ke-5 siklus menstruasi, sel telur atau ovum yang berada dalam suatu kantung cairan (disebut folikel) akan mulai matang.
Folikel tersebut ada di salah satu dari dua ovarium, letaknya dekat tuna falopi. Sekitar hari ke-14, folikel matang dan akan pecah mengeluarkan mengeluarkan sel telur. Pecahan folikel tersebut akan menjadi korpus luteum. Korpus ini akan memproduksi hormone progesterone yang berperan penting agar tubuh beradaptasi terhadap kehamilan. Oleh karenanya, saat ini merupakan saat terbaik untuk terjadinya proses fertilisasi.
Karena ovulasi biasanya terjadi sekitar hari ke-14, bila siklus menstruasi Anda terlambat selama 2 minggu; kemungkinan besar Anda telah hamil. Namun harus diingat bahwa saat Anda merasa hamil 4 minggu (artinya 4 minggu dari siklus menstruasi sebelumnya, maka usia janin dan masa kehamilan Anda yang sebenarnya adalah 2 minggu).

LAKI-LAKI ATAU PEREMPUAN?
Jenis kelamin bayi tergantung seluruhnya pada jenis sperma yang membuahi sel telur. Sperma X dan Y memiliki karakteristikk yang berbeda. Sperma X lebih besar, kuat, dan hidup lebih lama daripada Y. Karena itu, kita dapat menciptakan situasi untuk memperoleh salah satu jenis sperma yang kita inginkan. Suatu kepercayaan masyarakat meyakini bahwa untuk mendapatkan bayi perempuan, sebaiknya pasangan suami-istri bercinta sesering mungkin selama beberapa hari sebelum masa ovulasi. Sedangkan untuk mendapatkan anak laki-lai, sebaiknya bercinta tepat di saat atau setelah masa ovulasi, namun jangan terlalu sering.

ANAK KEMBAR
Kesempatan untuk mendapatkan anak kembar adalah sekitar 1:80. Kesempatan ini akan lebih besar bila Anda berasal dari Afrika atau Indian Barat. Terdapat dua jenis kembar, yaitu identik dan fraternal (tidak identik).
Kembar yang identik berasal dari hasil pembuahan 1 sel telur oleh 1 sel sperma. Kemudian sel telur tersebut akan membelah menajdi zigot (2 sel) yang terpisah. Pada akhirnya terdapat 2 zigot dan zigot-zigot ini akan terus membelah mengikuti proses pembelahan sel normal, sehingga menjadi 2 janin dengan satu plasenta. Kedua janin ini memiliki gen yang sama satu sama lain.
Kembar yang fraternal (tidak identik)berasal dari 2 sel telur yang dibuahi terpisah oleh 2 sel sperma yang berbeda. Setiap janin memiliki satu plasenta dan karakteristik gen yang berbeda satu sama lain.

Sumber: MacDougall, dr. Jane . 2003. KEHAMILAN Minggu demi Minggu. Penerjemah: dr. Nina Irawati. Erlangga: Jakarta. 

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube